Breaking

logo

June 23, 2020

Begini Kondisi Habib Bahar bin Smith di Lapas Nusakambangan

Begini Kondisi Habib Bahar bin Smith di Lapas Nusakambangan

NUSAWARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly menyampaikan kabar terkini Habib Bahar bin Smith yang tengah mendekam di penjara Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Yasonna menyebut kini Habib Bahar menempati sel khusus di Lapas Kelas I Batu dan betah berada di sana. Hal itu disampaikan Yasonna sebagai jawaban atas pertanyaan anggota Komisi III DPR RI dalam rapat bersama pada Senin, 22 Juni 2020.

Menurut Yasonna, seperti dikutip Suara.com, apa yang disampaikannya itu merupakan jawaban langsung Habib Bahar saat mendapat kunjungan dari Dirjen PAS beberapa pekan lalu. Awalnya, Yasonna sengaja meminta Dirjen PAS untuk menemui Bahar untuk bertanya apakah Bahar ingin kembali pindah ke Lapas Gunung Sindur atau tetap di Nusakambangan.

“Itu yang ditanyakan Dirjen (PAS) kepada beliau. Jadi dia bilang bagaimana kalau di sini? (Dijawab) oh buat sementara saya di sini aja, jawabannya begitu,” tutur Yasonna, dikutip Suara.

Namun Yasonna tidak mengetahui alasan detail Habib Bahar memililh tetap berada di Nusakambangan. Ia hanya memastikan bahwa pelayanan yang dilakukan terhadap Bahar dilakukan sesuai dengan prosedur. Yasonna menambahkan, Bahar tidak mengeluhkan berada di Lapas Nusakambangan.

“Habib Bahar mengaku dirinya diberi perhatian, diberi treatment sesuai dengan apa yang dibutuhkan,” katanya.

Alasan Pemindahan

Habib Bahar sebelumnya bebas dari Lapas Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, pada 16 Mei 2020. Ia bebas karena mendapat program asimilasi dari Kemenkumham.

Melansir Jawa Pos, bebasnya Habib Bahar bin Smith pun disambut meriah oleh masyarakat terutama para santri yang selama ini menuntut ilmu di pondok pesantrennya.

Namun kemudian Habib Bahar kembali dijebloskan ke penjara. Sempat mendekam di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, akhirnya Habib Bahar dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap.

Menurut Yasonna, alasan pemindahan Habib Bahar adalah untuk menghindari aksi massa pendukung Bahar yang kerap terjadi sebelumnya di Lapas Gunung Sindur.

“Pernah terjadi demonstrasi, terjadi sampai ada massa yang merusak di fasilitas. Karena Gunung Sindur termasuk lapas di mana ada teroris, ada bandar narkoba, mereka termasuk yang harus kita proteksi untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, maka dipindahkan ke Nusakambangan,” ujar Yasona di Gedung DPR RI.

Yasonna menambahkan, pemindahan Habib Bahar ke Nusakambangan sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. [hps]