Kekayaan Ahok Capai Puluhan Miliar, Jangan Kaget Lihat Isi Garasinya | NUSAWARTA | Berita Indonesia

Breaking

logo

June 28, 2020

Kekayaan Ahok Capai Puluhan Miliar, Jangan Kaget Lihat Isi Garasinya

Kekayaan Ahok Capai Puluhan Miliar, Jangan Kaget Lihat Isi Garasinya

NUSAWARTA - Mantan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama kini menjadi salah satu orang terpenting di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ya, setelah bebas dari lapas Ahok sapaan akrabnya ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Sejak menduduki jabatan tersebut pad 2019 lalu, Ahok kembali menjadi bahan perbincangan. Bahkan kini yang menjadi sorotan, setelah dia mengungkapkan pendapatannya per bulan menjadi petinggi di perusahaan penyedia bahan bakar tersebut.

Melalui siaran langsung Instagram @kickandyshow, Ahok secara terang-terangan menyebut bahwa gaji yang diterimanya selama menjadi Komut Pertamina mencapai ratusan juta rupiah. Nilai tersebut jauh lebih besar saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Kalau gaji gedean komisarislah. Jauh (dibandingkan gubernur). Kalau di Pertamina kita bisa dapat Rp170 juta gaji," ujarnya.

Dengan penghasilan tersebut, sebagian penasaran dengan koleksi kendaraan yang dimiliki suami dari Puput Nastiti Devi itu. Menurut penelusuran 100KPJ, Ahok tidak pernah mencantumkan kendaraan yang dimilikinya dari laporan harta kekayaannya.

Berdasarkan data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pria kelahiran Bangka Belitung itu melaporkan kekayaannya pada 2016 saat menjadi Gubernur DKI dengan nilai mencapai Rp25,656 miliar. Angka itu meningkat dari 2014 yang jumlahnya Rp21,302 miliar.

Namun, dari kekayaan yang dimilikinya, tanah dan bangunan atau harta tidak bergerak menjadi penyumbang terbesar dengan nilai Rp16,791 miliar. Sedangkan alat transportasi dan mesin alias kendaraan sejak 2014 sampai 2016 tidak tercantum.

Artinya isi garasi Ahok kosong tanpa ada kendaraan. Namun, saat menjadi kepala daerah Ibu Kota, pria kelahiran 1966 itu memanfaatkan mobil dinas sebagai alat transportasinya sehari-hari. Mobil tersebut adalah Toyota Land Cruiser berpelat nomor B 1966 RFR.

Sampai saat ini tidak diketahui kendaraan yang dimiliki Komut Pertamina tersebut. Namun Nicholas Sean, anak sulungnya pernah membocorkan bahwa mobil impian sang ayah adalah Jeep Wrangler Riubicon yang kin harganya masih di atas Rp1 miliar.

Padahal dengan kekayaan yang dimilikinya, serta gaji sebagai petinggi di Pertamina bisa saja Ahok memboyong kendaraan sesuai seleranya. Namun, tidak ada data akurat yang menunjukan pria kelahiran Bangka Belitung itu pernah memboyong mobil menggunakan nama pribadinya. [wrte]