Breaking

logo

June 30, 2020

Video Kampanye Anies ‘Tolak Reklamasi‘ di Hadapan Habib Rizieq Kembali Viral

Video Kampanye Anies ‘Tolak Reklamasi‘ di Hadapan Habib Rizieq Kembali Viral

NUSAWARTA - Potongan video pernyataan Anies Baswedan menolak reklamasi pada waktu kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, kembali viral di media sosial sejak Senin (29/6/2020) kemarin.


Dalam video itu, Anies menyatakan menolak reklamasi di hadapan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI)k Habib Rizieq Shihab dan para pendukungnya pada sebuah kegiatan kampanye tertutup.

Video itu ramai dibicarakan netizen setelah Gubernur Anies menerbitkan izin pelaksanaan perluasan (reklamasi) kawasan rekreasi Dunia Fantasi (Dufan) dan kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

"Reklamasi, kita posisinya jelas, tegas. Dan saya rasa satu-satunya dari tiga calon yang mengambil posisi tegas," kata Anies dalam video viral di medsos.

Menurut Anies, ada resiko besar yang bakal dihadapi dirinya dan Sandiaga Uno akibat keputusan tegas mereka menolak reklamasi.

"Resikonya besar, resikonya pengembosan besar-besaran. Tapi kami merasa lebih baik kami mengambil posisi jelas tegas, dan sampaikan pada semua kita akan ikhtiarkan keadilan di Jakarta," sambungnya," ujarnya.

"Karena itu saya langsung buka, judul kampanye kita adalah 'tolak reklamasi," ucap Anies disambut tepuk tangan dan seruan takbir para pendukungnya.

Anies kemudian menjelaskan soal kampanyenya tolak reklamasi. Dalam pemaparannya, Anies berjanji akan merealisasikan lima hal terkait reklamasi jika dia dan Sandiaga terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Nomor satu, kita akan menghentikan reklamasi dari Teluk Jakarta, mengutamakan kepentingan nelayan dan masyarakat sekitar, memastikan lingkungan hidup terjaga, dan pulau reklamasi yang sudah terlanjur terbangun akan dikembalikan fungsinya untuk kepentingan publik.

"Yang kelima, menolak pembangunan pulau reklamasi untuk kepentingan komersial," pungkas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. [ntrl]